Sunday, September 22, 2013

Jati Diri Penggerak Wawasan

                



Apakah negara kita ini sudah merdeka?

Sejarah berbicara bahwa Indonesia telah merdeka sejak tanggal 17 Agustus 1945. Seluruh warga negara Indonesia pasti tahu akan cerita sejarah tersebut. Pada zaman itu bangsa Indonesia sangat berbahagia dan dapat hidup bebas tanpa adanya penjajahan dari negara lain, bahkan kebahagiaan itu masih dapat kita rasakan sampai saat ini. Kita patut berterima kasih kepada Ir. Soekarno dan para pahlawan-pahlawan kita. Mereka telah berjuang dengan mempertaruhkan  jiwa dan raga demi memberikan kemerdekaan kepada kita, bangsa Indonesia. Namun, apakah yang telah kita berikan kepada mereka? Apakah bangsa ini masih dapat dikatan merdeka dengan maraknya aksi korupsi saat ini? Apakah bangsa ini masih merdeka dengan masyarakat yang hidup dengan kemiskinan?

Suatu negara dapat dikatan ”Merdeka” bila negara itu telah hidup makmur dan bebas dari penjajahan negara lain. Pada masa 68 tahun yang lalu Bangsa Indonesia telah merdeka karena  telah bebas dari penjajahan. Sebelum kemerdekaan itu memang bangsa Indonesia masih terjajah, dalam sejarah dikatakan bangsa kita melakukan kerja paksa demi bangsa lain, seluruh kekayaan bangsa kita diambil oleh bangsa lain. Namun dibawah tekanan dan penderitaan itu, para pemuda Indonesia mulai bangkit dan berjuang untuk menghilangkan penjajahan di Indonesia. Bahkan mereka berperang mati-matian dengan para penjajah demi mewujudkan bangsa yang makmur, adil, dan sejahtera.

Dengan melihat perjuangan-perjuangan para pemuda Indonesia  pada masa itu dibandingkan dengan sekarang, sangat jauh berbeda. Bahkan mungkin sekarang  sudah hampir punah pemuda-pemuda yang seperti itu.

Bangsa Indonesia pada saat ini dapat dikatakan terjajah oleh bangsa sendiri. Mengapa demikian? Coba kita lihat permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Pada tayangan berita di media-media dikabarkan bahwa telah terjadi korupsi oleh salah satu pejabat negara hingga mencapai beberapa milyar rupiah bahkan lebih, dan dibalik itu banyak masyarakat lainnya yang menderita karena kelaparan. Apakah yang terjadi pada bangsa ini? Apakah seperti itu yang disebut perjuangan para pemuda bangsa Indonesia saat ini? Kemanakah para pemuda bangsa Indonesia? Apakah mereka belum menyadari akan bangsa yang kacau seperti ini? Atau bahkan mereka tidak peduli dengan bangsa ini?

Maka dari itulah kita sebagai pemuda-pemuda penerus perjuangan bangsa ini memiliki tanggung jawab yang besar terhadap bangsa kita ini. Sadarilah bahwa sangat berat perjuangan pemuda-pemuda sebelum kita untuk memerdekakan negara kita. Namun,  sekarang apa yang telah kita berikan kepada mereka? Coba renungkan sejenak.

Sekarang sudah saatnya kita sebagai pemuda Indonesia untuk melakukan perjuangan kembali. Mari kita lakukan upaya untuk mensejahterakan negara kita tercinta ini. Apa yang harus kita lakukan sebagai pelajar? Apakah kita harus perang? Tidak, sebagai pelajar kita harus belajar dengan sungguh-sungguh demi terwujudnya cita-cita bangsa. Apa yang kita lakukan sebagai masyarakat umum? kita harus berbuat hal-hal yang baik dan tidak berbuat hal-hal yang merugikan untuk negara kita minimal mematuhi peraturan negara, melestarikan budaya-budaya bangsa. 

0 comments:

Post a Comment